Bersatu dan Kompaknya Pemuka Masyarakat Batak di Riau Sudah Lama Dirindukan

·         Hofman Haloho Ketua Baru Ikatan Keluarga Batak Riau
 





Pekanbaru (SIB)
Bersatu dan kompaknya seluruh tokoh, pemuka ataupun elite masyarakat Batak dari lima sub-etnis di Provinsi Riau yaitu Batak Toba, Karo, Simalungun, Pakpak Dairi dan Mandailing Angkola sudah lama dirindukan seluruh masyarakat Batak di Riau.  Dengan disatukannya semua potensi yang dimiliki, masyarakat Batak tentunya bisa lebih mampu dan cepat untuk mencapai harapan dan tujuan bersama.
Hal tersebut menjadi salah satu topik yang mengemuka karena cukup banyak disampaikan peserta dalam Musyawarah Besar (Mubes) V Ikatan Keluarga Batak Riau atau IKBR, Sabtu (18/8) di Hotel Pesona Jalan Sudirman Pekanbaru.  Kegiatan yang mengambil tema “membangun kebersamaan di tengah keberagaman” itu diikuti 90 peserta dari delapan kabupaten/kota dan perwakilan lima sub-etnis Batak.
H Simanungkalit dari Rokan Hulu, misalnya, dalam tanggapannya dalam persidangan Mubes tersebut mengatakan, masyarakat Batak di Rohul sudah lama merindukan bersatuhatinya tokoh-tokoh dan pemuka masyarakat Batak di Riau, khususnya di Pekanbaru, sehingga masyarakat Batak di daerah-daerah juga bisa bersatu padu.  Peserta-peserta lain kemudian ramai menyampaikan pendapat seputar kekompakan itu.
Atas persetujuan floor, dipilih lima orang untuk majelis persidangan (pimpinan sidang) yakni Wahyu Tinambunan, Jhon Armedi Pinem, Arif Siregar, Maruli Tamba dan Sihol Girsang. Selanjutnya peserta dibagi dalam empat komisi untuk membahas program-program kerja, perubahan-perubahan AD/ART, tata cara pemilihan ketua umum dan rekomendasi. 
Pada Sabtu malam, floor akhirnya sepakat memilih St Hofman Haloho sebagai ketua untuk periode 2017-2021, menggantikan Cornelius Barus yang sudah habis masa jabatannya. Hofman kemudian menyusun kepengurusannya yakni antara lain Wakil Ketua Arifin Kaban SH, Hinsatopa Simatupang, Batara Harahap, D Tinambunan, Hendrik Pangaribuan, Sekretaris Jhon Armedi Pinem, Wakil Sekretaris ML Hutagalung, Uparlin Maharaja, Arif D Siregar, Bendahara Sony Marganda Silaban, Wakil Bendahara John Romi Sinaga, Sekretaris Eksekutif Kamson Purba.  Disaksikan ketua dan pembina dari lima sub-etnis yakni St Saut Sihombing, Bahtera Perangin-angin, S Siregar, Tumpak Tinambunan dan St DS Purba, Cornelius kemudian menyerahkan bendera lambang organisasi kepada Hofman.
Arifin Kaban kepada pers usai Mubes mengatakan, salah satu fokus kerja pengurus baru tersebut adalah menyatukan kembali semua potensi dari lima sub-etnis Batak di Riau.  “Pengurus di periode ini tentunya juga akan lebih giat lagi melakukan upaya-upaya untuk memajukan masyarakat Batak di Riau ini, ini merupakan tanggung jawab yang besar tapi kita yakin akan dapat terlaksana berkat dukungan semua pihak,” katanya. 
Acara yang diawali dengan tari persembahan dari Melayu Riau itu juga diramaikan dengan tari-tarian daerah serta ditutup dengan menyanyikan lagu “Padamu Negeri”.  (F05)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebulan Berlalu, Kasus Pembunuhan Novalina br Purba Siswi SMAN 1 Sidikalang Belum Terungkap

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL