Ratusan Barang Bukti Hasil Sitaan dan Rampasan untuk Negara Menunggu Dilelang di Kejari Sidikalang

Ratusan Barang Bukti Hasil Sitaan dan Rampasan untuk Negara Menunggu Dilelang di Kejari Sidikalang



Sidikalang (SIB)
            Ratusan barang bukti hasil sitaan ataupun yang oleh keputusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) dinyatakan dirampas untuk negara, sudah bertahun-tahun dibiarkan begitu saja di halaman belakang Kantor Kejaksaan Negeri Sidikalang, menunggu untuk dilelang. 
Kondisi sebagian besar barang-barang bukti tersebut diperkirakan makin lama akan makin menyusut nilainya karena dibiarkan terletak begitu saja tanpa ada tempat untuk menyimpan apalagi merawatnya.  Barang-barang tersebut antara lain belasan mobil dari berbagai merk dan tipe, 561 barang pipa, 4 meter kubik kayu damar laut, kusen dan lainnya. 
Banyak diantara barang-barang tersebut masih memiliki nilai ekonomi cukup tinggi termasuk mobil double cabin produksi tahun 2006 dan mobil kijang Kapsul.
            Informasi dari Kejari Sidikalang, Jumat (10/8), sebenarnya Kejaksaan sudah sejak lama hendak melelang barang-barang tersebut, namun terkendala faktor ketiadaan anggaran untuk kegiatan lelang.
            “Ketika BPK melakukan pemeriksaan rutin ke sini kemarin, mereka juga mempertanyakan keberadaan barang-barang bukti ini, kenapa tidak dilelang.  Setelah mendapat penjelasan, salah saru rekomendasi BPK adalah agar tahun anggaran mendatang dianggarkan dana di Kejari untuk pelaksanaan lelang barang-barang bukti ini,” jelas Kajari Sidikalang Pendi Sijabat SH melalui Kasi Intel F Girsang SH.
            Tidak diketahui secara persis kapan terakhir kali dilakukan lelang barang-barang bukti di Kejari Sidikalang.  “Setidaknya dalam lima tahun terakhir ini belum pernah dilaksanakan lelang,” kata Girsang.  Sesuai peraturan, uang hasil lelangakan disetor ke kas negara. (B4)
Dimuat di Harian Sinar Indonesia Baru (SIB), Senin 13 Agustus 2012, halaman 6.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL