RAPIMDA PARTAI GOLKAR DAIRI CALONKAN KEMBALI JOHNNY SITOHANG/IRWANSYAH PASI DALAM PILKADA 2013



·         PINTU PG TERBUKA UNTUK JALIN KOALISI 



  
Sidikalang (SIB)
            Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Partai Golkar Kabupaten Dairi menetapkan mencalonkan kembali pasangan incumbent (petahana) KRA Johnny Sitohang Adinegoro/Irwansyah Pasi sebagai calon bupati/wakil bupati Dairi pada Pilkada 2013 ini.  Pada Pilkada Dairi 2008 lalu yang diikuti 7 pasangan calon dan berlangsung dua putaran, pasangan yang akrab dipanggil “Joinpas” itu juga diusung PG.
            Keputusan pencalonan kembali itu dibacakan Richard Eddy M Lingga (dari DPD PG Sumut) selaku pimpinan sidang penetapan calon, Selasa (26/2), sebelum penutupan Rapimda di Balai Budaya Jalan Sisingamangaraja Sidikalang.
Rapimda yang dibuka Sekretaris DPD PG Sumut H Hanafiah Harahap pada Senin sore itu berlangsung dua hari (25-26/2), diikuti 400 peserta yakni Dewan Pertimbangan PG Kabupaten, DPD PG Dairi, Pimpinan Kecamatan, Pimpinan Desa, Pimpinan Kelurahan, F-PG DPRD, ormas pendiri dan ormas yang didirikan PG serta bakal caleg PG.
            Johnny Sitohang didampingi Irwansyah Pasi, fungsionaris DPD PG Sumut Leonard Surungan Samosir, Sekretaris PG Saban Sibarani, Ketua Panitia Nikodemus Situmorang dan pengurus kabupaten Benari Butar-butar, kepada wartawan seusai penutupan Rapimda menyatakan siap menerima amanah itu. 
“Kita siap,” ujar Sitohang dan menambahkan, pihaknya segera menyampaikan hasil Rapimda itu kepada DPP untuk ditindaklanjuti.
            Menjawab pertanyaan, ketua DPD PG Dairi itu menyatakan kecil kemungkinan keputusan DPP PG akan berbeda dengan hasil Rapimda.  Keputusan DPP tentunya akan menguatkan keputusan Rapimda.  “Saya rasa tidak (mungkin keputusan DPP berbeda dengan Rapimda), kecuali misalnya kalau tadinya ada beberapa calon yang dimajukan, tapi karena ini satu saya kira pasti tidak ada yang berubah.”
            Ditanya soal latar belakang memilih Irwansyah, menurutnya karena resikonya paling kecil dibanding jika berpasangan dengan yang lain. “Terus terang, banyak yang memberi masukan (calon wakil alternatif) kepada saya.  Menurut pertimbangan saya, semua berisiko. Risiko paling kecil saya lihat adalah bersama beliau. Kenapa saya katakan risiko paling kecil, karena kami sudah saling tahu, saling memahami, saling kenal, soal pikiran dan sebagainya.  Kalau dengan pasangan baru, belum tentu akrab, tentu resikonya lebih besar,” jelasnya.
            Soal persaingan pilkada 2013 dibanding 2008? “Kalau saya melihat tidak begitu jaluh berbeda, artinya sama-sama berat.  Tapi kita optimis.  Tadi juga saya sampaikan kepada kawan-kawan agar jangan sampai menjelek-jelekkan calon lain.  Bagi Golkar, siapapun calon-calon bupati itu hal yang wajar, karena itu hak mereka,” ujarnya. 
Dukungan infrastuktur partai juga menurutnya secara umum siap untuk memenangkan, yang tergambar dalam pernyataan sikap dalam Rapimda pada Senin malam, yakni seratus persen menyatakan mendukung Sitohang.
            Partai Golkar, lanjutnya, merupakan satu-satunya partai yang bisa mengusung sendiri pasangan calon bupati/wakil bupati tanpa harus koalisi.  Namun ia menegaskan, pihaknya terbuka untuk menjalin koalisi dengan partai lain.  “Manakala ada partai lain yang ingin bergabung tentu kita terima, karena kita ingin kawan sebanyak-banyaknya, tapi tentu tanpa syarat macam-macam.” Ia menyebut pihaknya antara lain sudah menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat soal rencana koalisi itu.
Ditanya prediksinya berapa kemungkinan pasangan calon yang maju, Sitohang mengatakan, “Berapapun tidak masalah, karena kita optimis menang.”  Sementara Pasi menyatakan siap menerima apapun hasil keputusan DPP PG nantinya, termasuk jika menetapkan nama lain sebagai calon wakil bupati.
Pilkada Dairi untuk memilih calon bupati/wakil bupati periode 2014-2019 direncanakan berlangsung September mendatang. (B4)

DIMUAT DI HARIAN SINAR INDONESIA BARU (SIB), RABU, 27 FEBRUARI 2013, HALAMAN 6.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL