COSMAS BATUBARA : GEREJA KATOLIK PUNYA PERAN STRATEGIS DALAM SEJARAH DAN PEMBANGUNAN BANGSA




Sidikalang (SIB)
            Tokoh nasional dan mantan menteri era Presiden Soeharto, Dr Cosmas Batubara mengatakan, gereja Katolik punya peran yang strategis dalam sejarah dan pembangunan negara Indonesia.  Banyak pemuda dan tokoh Katolik yang ikut berjuang serta menyumbangkan pemikiran-pemikiran penting dalam perjalanan bangsa ini.
            Hal tersebut dikatakan Cosmas Batubara saat berbicara sebagai narasumber dalam acara “Seminar sehari dalam rangka menyongsong perayaan jubileum 75 tahun gereja Katolik di Dairi dan Pakpak Bharat”, Sabtu (25/5) di Balai Karina Sidikalang.  Kegiatan dilaksanakan panitia jubileum itu mengambil thema “Gereja Katolik dalam masyarakat dan pembangunan”.
            Peranserta gereja Katolik dalam sejarah bangsa dan pembangunan sangat strategis, hal ini bisa dilihat sejak negara ini berdiri, katanya.
            Seiring dengan perjalanan bangsa, lanjutnya, perkembangan gereja Katolik secara nasional juga cukup pesat.  Dalam hubungan timbal balik tersebut, perkembangan gereja Katolik harus pula diikuti dengan meningkatnya peran serta umat Katolik dalam pembangunan, baik di birokrasi, politik maupun bidang lainnya untuk mendukung pemerintahan yang pro rakyat dan bertujuan mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara.
Di Era Reformasi saat ini, umat Katolik di  indonesia perlu melakukan langkah-langkah konkrit sebagai sumbangsihnya untuk pembangunan bangsa dan negara, katanya.  Namun Cosmas mengingatkan umat Katolik untuk senantiasa bisa bekerja sama dengan pemeluk agama lainya, sebab prinsip yang dipegang ialah mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan kelompok dan pribadi.
Sementara Vikaris Eviskopal Pastor Mandius M Siringo-ringo OCarm mengatakan, apa yang dilakukan gereja Katolik selama ini bukan hanya untuk peningkatan iman, tapi juga untuk perbaikan bangsa dan negara.

Sementara Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro dalam sambutannya mengatakan, peran umat Katolik juga demikian signifikan dalam pembangunan di Kabupaten Dairi.  Salah satu peran yang sangat nyata adalah melalui bidang pendidikan, yakni begitu banyaknya sekolah yang didirikan gereja Katolik.  Hal senada disampaikan Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu.
Turut hadir, Bishop GKPPD Pdt Elias J Solin STh bersama sejumlah pimpinan gereja di Dairi, Ketua Panitia Jubileum Sebastinus Tinambunan,, Ketua DPRD Dairi Delpi Ujung dan undangan lainnya.  (B4)

DIMUAT DI HARIAN SINAR INDONESIA BARU (SIB), SENIN, 27 MEI 2013, HALAMAN 6.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL