SIDIKALANG MENUJU ADIPURA



Pengelolaan Pasar dan TPA, Dua Faktor Belum Berhasilnya Sidikalang Raih Adipura
·         21 Juni, Penertiban Pedagang yang Tidak Mau Masuk ke Pasar

Sidikalang (SIB)
            Berdasarkan evaluasi, terdapat paling tidak dua faktor penyebab belum berhasilnya kota Sidikalang meraih penghargaan Adipura tahun ini, yakni faktor pengelolaan pasar Sidikalang dan pengelolaan TPA (tempat pembuangan akhir) sampah.
            Sekdakab Dairi Julius Gurning SSos MSi mengatakan hal itu menjawab pers, Rabu (12/6) di Sidikalang.
            “Dua faktor itu yang harus segera kita benahi.  Kita lihat sendiri bagaimana kondisi pasar Sidikalang yang masih jauh dari harapan.  Sebagai contoh, pedagang masih banyak yang berjualan di luar, di badan jalan,” katanya.
            Menurut Sekda, semangat menjadikan Sidikalang kota Adipura masih terus digelorakan.  Tim Adipura yang sudah dibentuk Pemkab sejak dua tahun lalu, akan diperkuat lagi, terutama dengan memaksimalkan peran kepala lingkungan.
            Untuk mewujudkan Sidikalang kota Adipura, menurut Sekda gotong royong massal juga akan dilaksanakan secara berkala.  “Jadwalnya sudah disusun,” ujarnya dan menambahkan, sebetulnya penghargaan Adipura bukanlah tujuan akhir karena yang lebih penting adalah ‘jiwa Adipura’, artinya kota SIdikalang bisa benar-benar bersih dan nyaman.  
            Di bidang ‘perangkat lunaknya’, Pemkab tahun ini akan mengajukan Ranperda tentang Persampahan dan tentang Lingkungan ke DPRD, lanjutnya.
            Khusus soal pengelolaan pasar Sidikalang, Gurning mengatakan Pemkab saat ini terus mendorong agar pedagang yang masih ngotot berjualan di luar, bisa masuk ke lokasi pasar bertingkat yang sudah disediakan.
             Rencananya, 21 Juni mendatang akan dilakukan penertiban pedagang yang masih nekat berjualan di luar areal pasar bertingkat.  “Penertiban itu jalan terakhir dan jika diperlukan.  Kita masih berupaya mendorong agar pedagang masuk ke dalam.” (B4)

DIMUAT DI HARIAN SINAR INDONESIA BARU (SIB), JUMAT, 14 JUNI 2013, HALAMAN 6.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL