PENERTIBAN PEDAGANG


DPRD DAIRI MINTA PEMKAB MAKSIMALKAN PENDEKATAN PERSUASIF DALAM PENERTIBAN PEDAGANG DI PASAR SIDIKALANG


Sidikalang (SIB)
Kalangan DPRD Dairi meminta Pemkab memaksimalkan pendekatan persuasif dan tidak main paksa dalam penertiban pedagang di luar pasar bertingkat Sidikalang. 
Pedagang di Jalan Dairi, Jalan Sekolah, Jalan Pekan, Jalan Trikora (empat ruas jalan yang mengelilingi pasar bertingkat) bertahan dan tidak mau masuk ke pasar bertingkat karena mereka mempunyai alasan yang masuk akal, sementara di sisi lain PD Pasar sebagai pengelola pasar bertingkat sepertinya sudah “serba salah” karena dari awal memang tidak siap mengelola pasar.
Penilaian itu dikemukakan Wakil Ketua DPRD Dairi Ir Benpa Hisar Nababan dan sejumlah anggota dewan, Rabu (24/7), menanggapi penertiban pedagang di pasar Sidikalang yang mendapat penolakan pedagang dan berujung ricuh, Selasa (23/7) kemarin (SIB, Rabu, 24/7, halaman 6).
Benpa berpendapat, aksi penertiban haruslah terus mengutamakan pendekatan persuasif.  Jika Pemkab beralasan pendekatan persuasif telah dilakukan namun tidak jalan, menurutnya hal itu menunjukkan pendekatan yang dilakukan belum maksimal. 
“Kalau yang ditempuh upaya paksa, kita khawatir akan ada benturan-benturan kecil yang bisa merembes dan membesar, apalagi saat ini sudah memasuki tahapan Pilkada Dairi, masyarakat sudah mulai dukung-mendukung atau kubu-kubuan, dalam kondisi ini pedagang menjadi lebih sensitif,” jelasnya.
Berlarut-larutnya proses penertiban pedagang agar masuk dan berjualan di pasar bertingkat, lanjutnya, sebenarnya tidak terlepas dari ketidaksiapan PD Pasar dalam mengelola pasar.  “Diakui atau tidak, itulah salah satu sebabnya.  PD Pasar tidak siap mengemban tugas yang begitu besar, mereka sudah terlanjur salah melangkah.  Karena itu kita tidak bisa serta merta menyalahkan pedagang,” jelasnya. (B4)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL