Pertanian



Parbuluan Diproyeksikan jadi Kecamatan Sentra Jeruk di Dairi

Sidikalang (SIB)
                Kecamatan Parbuluan diproyeksikan menjadi salah satu kawasan penghasil jeruk terbesar atau sentra jeruk di Kabupaten Dairi.  Saat ini, sesuai data dari petugas PPL, terdapat sekitar 448 hektar lahan tanaman jeruk di Parbuluan, yang setengah di antaranya sudah mulai menghasilkan atau berbuah.
                Hal itu dikatakan Camat Parbuluan Monang Habeahan SSos kepada wartawan, kemarin di kantornya.  “Tanaman jeruk ini cukup idola di Parbuluan, banyak petani yang tadinya menanam tanaman muda, sekarang beralih menanam jeruk, mungkin karena lahannya cocok untuk pertanian jeruk dan tanahnya juga masih subur, belum jenuh,” jelasnya.
                Tanaman jeruk di kecamatan yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Pakpak Bharat dan Samosir itu, menurut Camat menyebar di 11 desa di kecamatan itu.  “Tapi konsentrasinya ada di empat desa, yaitu Lae Hole, Parbuluan IV, Parbuluan VI dan Parbuluan III,” ujarnya.
Banyak petani di Parbuluan sekarang merupakan pendatang, termasuk dari Tanah Karo dan Simalungun, lanjutnya.  Kebanyakan petani dari kabupaten tetangga itu sudah berpengalaman berkebun jeruk sehingga bisa menjadi contoh atau tempat bertanya bagi petani yang baru kali ini berkebun jeruk.
A Tarigan, salah seorang petani, kepada wartawan mengatakan tanaman jeruk semakin lama semakin berkembang di Parbuluan, selain karena lahan cocok untuk pertanian jeruk juga karena sudah banyak contoh petani yang ekonominya meningkat setelah berkebun jeruk, sehingga menjadi penarik.
Ibu boru Girsang, petani lain, secara terpisah mengatakan tanaman jeruk di Dairi diperkirakan punya prospek cerah.  “Dua minggu lalu kami panen, harganya lumayan,” katanya.  Di ladangnya seluas sekitar dua hektar, tanaman jeruk ditanam dengan umur bervariasi, ada yang sudah berusia 5 tahun dan sudah berbuah, sebagian masih berumur tiga tahun. (B4)

Dimuat di Harian SIB, Selasa, 13 Agustus 2013, halaman 6.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL