Selamat Ulang Tahun, BOLA



Bagian akhir tulisan (dulu nama rubriknya Catatan Ringan) wartawan senior BOLA, Ian Situmorang di Mingguan BOLA edisi 5 Maret ini membuatku tertegun. Berhenti membaca lalu berpikir sejenak.

Sepintas, kita melihat akhir-akhir ini ada sesuatu yang lain di Harian BOLA. Sekedar contoh, Kuis SMS kenal dekat kini tak lagi berhadiah. Praktis, kini di Harian BOLA minim sekali hadiah. Bandingkan dengan ketika BOLA masih terbit 3 kali seminggu. Surat pembaca dan komentarpun berhadiah (suvenir BOLA). Belum lagi kuisnya yang ada beberapa macam tiap kali terbit.

Iklan di Harian BOLA juga tampaknya semakin sedikit. Mungkin benar kata orang, media olahraga "kurang seksi" bagi para pemasang iklan. Sering kali, semua iklan di Harian BOLA adalah iklan produk atau acara/kegiatan mereka sendiri.

Yang lain, Harian BOLA sampai diiklankan di situs kompas.com setiap pagi berupa preview BOLA, sesuatu yang tak pernah terjadi sebelumnya.
Ingatan segera melayang ke Tabloid Soccer yang beberapa bulan lalu terpaksa berhenti terbit. Semoga saja, dan sejujurnya kita yakin bahwa itu tak akan terjadi, BOLA tidak seperti itu.

BOLA telah melalui jalan panjang berliku selama 31 tahun, sejak terbit 1984 silam. Tapi kini jalannya mungkin sedikit menanjak, bahkan barangkali terjal.

Menurutku, BOLA harus melakukan beberapa pembenahan. Ulasan-ulasannya tidak boleh lagi dangkal. Ulasan, itulah kekuatan BOLA sejak dulu. Tapi kini ulasannya sering terlalu biasa, sudah diketahui umum dari tivi atau internet. 

Kenapa tak ada lagi, sekedar contoh, tulisan kolumnis Rob Hughes (yang selalu begitu berbeda dengan tulisan-tulisan kolumnis lain) di BOLA? Menurutku, sebaiknya dimunculkan lagi yang seperti itu.

Si Gundul atau Sepakbolaria juga sepertinya sudah kehabisan ide. Sepertinya banyak pengulangan sehingga tak lagi lucu dan menghibur. Karikatur semacam Om Pasikom ala Kompas di atas rubrik surat pembaca BOLA juga, tentu saja lagi-lagi menurutku, sebaiknya tidak terkesan klise. Selama ini sering kali kata-katanya sepertinya klise.

Begitulah. Betapapun, BOLA harus tetap maju. Seperti slogannya dulu, "Semua ada, apapun bisa". Selamat ulang tahun, ‪#‎BOLA‬. Maafkan bila ada kata yang tak berkenan :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL