Pemberangkatan Praeses HKBP Distrik XXII Riau

Dari Ibadah Pemberangkatan Praeses HKBP Distrik XXII Riau di Pekanbaru
Walau Kemanapun Ditugaskan, Harus Tetap Menghargakan Kependetaan




Pekanbaru (SIB)
                Ibadah pemberangkatan Praeses Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik XXII Riau Pdt Banggas RH Simanungkalit STh dan Kabid Koinonia Distrik XXII Pdt Mangido Tua Pandiangan STh digelar, Jumat (21/10) malam di Lancang Kuning Ballroom Hotel Furaya Pekanbaru.  Pada Minggu (23/10) dilaksanakan pula serah terima jabatan Praeses Distrik XXII dari Pdt Banggas kepada pejabat baru Pdt Robert Silaban STh di gereja HKBP Hang Tuah Pekanbaru.
                Ibadah pemberangkatan dihadiri para pendeta dari Distrik Riau dan Distrik Riau Pesisir, para sintua dan diakones, pengurus gereja, jemaat HKBP dan undangan lainnya.  Pdt Banggas akan bertugas melayani di Distrik Deboskab (Depok, Bogor, Sukabumi, dan Kalimantan Barat), sedangkan Pdt Mangido menjadi Praeses Distrik Samosir. 
Pdt Syarif Nababan dalam khotbahnya yang diambil dari 1 Timotius 4:14 mengatakan, yang harus selalu diingat seorang pendeta adalah bahwa walau kemanapun ditugaskan harus tetap menghargakan kependetaannya.
                “Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu.  Itulah intinya.  Bukan soal jabatan kepraesesan, melainkan soal kependetaan.  Lebih luas pelayanan seorang pendeta daripada (jabatan) praeses. Yang utama adalah hargai kependetaan.  Bagaimana kita menghargai kependataan kita? Walau kemanapun berangkat, selalu tidak lupa, selalu menghargakan kependetaan.  Ibarat kata, walaupun ke lapo tuak, tak mabuk dia di sana,”  ujarnya.
                Sementara itu, Pdt Banggas dalam sambutannya mengatakan, sudah empat tahun kurang dua bulan dia bertugas di Distrik XXII Riau dan kini saatnya menjalani tugas baru sebagai pendeta fungsional, sesuatu yang belum pernah ia alami sebelumnya.  “Tapi saya senang karena bisa sedikit lebih santai.  Kemanapun kita sudah siap untuk melaksanakan pelayanan.  Jadi nantinya saya bertugas di Cinere, Depok.  Silahkan mampir kalau pas ke sana,” kata pendeta yang dikenal simpatik dan bersahaja itu sambil menambahkan, ia dua tahun lagi baru memasuki masa pensiun.
                Pdt Banggas merupakan Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Riau periode 2015-2019.  Menjawab pertanyaan wartawan SIB seusai acara mengenai posisinya sebagai ketua PGI itu, ia mengatakan pada Januari mendatang akan dilaksanakan sidang majelis pekerja lengkap (MPL) PGI Wilayah Riau untuk mengambil keputusan.

                Di penghujung acara, Pdt Banggas didampingi isteri D br Gultom dan Pdt Mangido didampingi isteri KT br Manurung bernyanyi bersama membawakan lagu “Dang naboi hita saunduran” yang mendapat aplaus meriah dari seluruh hadirin.  (F05)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL