Seenak Udel atawa Copy Paste saja



Seenak Udel.




Berita Harian Analisa hari ini, Kamis (16/8), berjudul  ‘Pemkab Dairi Gelar Beragam Kegiatan Sambut HUT ke-67 Proklamasi RI’ http://www.analisadaily.com/news/read/2012/08/16/69167/pemkab_dairi_gelar_beragam_kegiatan_sambut_hut_ke67_proklamasi_ri/#.UCz_l9nDXNQ  adalah contekan atau plagiat alias copy paste dari berita Harian Sinar Indonesia Baru (SIB), Sabtu 11 Agustus 2012, halaman 6. Judul dan isi berita persis sama. Hanya saja narasumbernya diganti, yakni Yanti Nainggolan SSos didampingi Gosen Tarigan di berita SIB, menjadi R Banurea di Analisa. Selebihnya sama persis.

Tapi, ternyata, penulis berita untuk Analisa ini kurang cermat dalam mencontek. Lihat saja, di alinea kedua, Hal itu dikemukakan Kabag Humas, R. Banurea menjawab pertanyaan pers, Senin, (13/8) di Kantor Bupati Dairi. Yanti menjelaskan dst. Hehe. Narasumbernya  R Banurea, tapi di kata selanjutnya malah jadi Yanti.

Sebenarnya, hal serupa ini sudah sering terjadi.  Banyak orang hobbynya begitu. Tanpa perlu bersusah payah, tinggal copy paste berita dari media lain, ganti kode atau nama, lalu kirim ke redaksi,  (walau  memang banyak media yang berita-beritanya mirip, tak lain karena wartawan-wartawan dari media-media berbeda itu saling berbagi berita, biasanya mereka 'sepertemanan').

Begitulah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL