HUT Kemerdekaan RI ke-68 Berlangsung Semarak di Sidikalang


·         79 Napi Peroleh Remisi




Sidikalang (SIB)
            Hari ulang tahun Kemerdekaan RI diperingati di Sidikalang Kabupaten Dairi dalam suatu upacara di Stadion Baru Sidikalang, Sabtu (17/8).  Upacara yang diikuti barisan TNI/Polri, PNS, siswa-siwi berbagai sekolah, mahasiswa akademi dan perguruan tinggi, BUMD, OKP dan Ormas itu dipimpin Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro dengan komandan upacara Mayor Czi S Tambunan.
            Puncak upacara ditandai dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Delphi Ujung yang diawali dengan raungan sirine pada pukul 10.02 WIB serta pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskribra Kabupaten Dairi.  
            Hadir, para veteran dan pejuangan kemerdekaan RI beserta keluarganya, Muspida Dairi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan ribuan warga yang memadati Stadion Sidikalang.
            Peringatan Hari Kemerdekaan juga dimeriahkan dengan penampilan defile dan barisan drum band dari sejumlah sekolah di Sidikalang.  Usai upacara dilakukan pula penyerahan penghargaan kepada desa terbaik yakni Desa Bongkaras Kecamatan Silima Pungga-pungga, Desa Perjuangan dan Desa Gunung Meriah.  Bupati Dairi menyerahkan hadiah berupa komputer dan perlengkapannya kepada masing-masing kepala desa. Pada Sabtu sore dilakukan pula aubade penurunan duplikat sang saka Merah Putih di Stadion Baru Sidikalang.
            Sebelumnya, Sabtu pagi di Rutan Klas IIB Sidikalang, Wakil Bupati Irwansyah Pasi menyerahkan remisi kepada 79 narapidana dalam suatu upacara di halaman Rutan.  Empat di antara penerima remisi itu langsung bebas.  Menurut Kepala Rutan Maju Amintas Siburian BcIp, tidak ada narapidana kasus korupsi yang menerima remisi itu.  “Tapi napi kasus narkoba ada beberapa (yang menerima remisi),” katanya.  Seorang napi kasus korupsi, Erikson Siregar, lanjut Siburian, sebenarnya masa hukuman pokoknya sudah selesai tapi masih harus ditahan di Rutan karena menjalani masa tahanan pengganti denda.
Di kota Sidikalang sendiri, masyarakat menggelar berbagai lomba dan kegiatan memeriahkan dan menyemarakkan hari Kemerdekaan, termasuk pagelaran musik dan tari-tarian serta lomba panjat pinang.  (B4)

Dimuat di Harian SIB, Senin, 19 Agustus 2013, halaman 6.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL