pku

Bandara SSK II Pekanbaru Padat di Hari Terakhir Liburan, Jalan Masuk Macet



Pekanbaru (SIB)
                Hari terakhir liburan Tahun Baru 2016, Minggu (3/1), Bandar Udara (Bandara) Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru dipadati warga yang hendak berangkat serta yang kembali ke ibu kota Provinsi Riau itu.  Kemacetan di jalan masuk ke bandara tidak terelakkan, antrean panjang kenderaan terlihat hingga ke gerbang utama bandara di Jalan Sudirman Pekanbaru.
                Pantauan wartawan, Minggu sore, calon penumpang serta keluarga yang mengantar tampak memadati terminal/pintu keberangkatan bandara itu.  Di jalan menuju ruang check ini, warga harus berdesakan karena jalan terbilang kecil sedangkan orang yang melintas cukup ramai dan tidak sedikit calon penumpang membawa banyak barang menggunakan troli.  Pemandangan serupa juga terlihat di terminal kedatangan.  Pada hari biasa, bandara tersebut tidak terlalu ramai, apalagi bila dibandingkan dengan Bandara Kualanamu Deliserdang.
                 Acin, seorang calon penumpang yang hendak pulang ke Jakarta mengaku kesal karena kemacetan di jalan masuk bandara begitu parah.  “Banyak orang yang terpaksa turun dari mobil dan memilih jalan kaki atau lari-lari ke bandara biar tidak terlambat berangkat.  Soalnya kalau menunggu, macetnya parah sekali. Bayangkan, dari gerbang masuk sampai ke terminal keberangkatan makan waktu sampai setengah jam, padahal normalnya hanya tiga menit. Semestinya otoritas bandara sudah mengantisipasi bakal terjadinya lonjakan penumpang,” katanya sambil mengatakan ia memang datang jauh lebih awal dari jadwal keberangkatan.
Kemacetan dipicu antara lain oleh banyaknya kenderaan yang diparkir begitu saja di jalan masuk.  Akibatnya, jalan yang mestinya terbagi atas beberapa jalur, terpaksa berkurang.  “Kalau dalam kondisi biasa yang memang hanya sedikit kenderaan, boleh saja mobil diparkir di badan jalan utama di depan terminal keberangkatan, tapi kalau sudah padat begini mestinya otoritas bandara bisa melihat situasi,” ujar Arbun, teman Acin, menambahkan.
 Menurut Syamsir, seorang petugas bandara, sebenarnya pihak bandara sudah melakukan langkah-langkah antisipasi, termasuk agar tidak terjadi kemacetan di jalan masuk bandara. Selain warga yang berangkat seusai libur Tahun Baru, lanjutnya, Bandara SSK II juga dipadati rombongan warga yang hendak melaksanakan ibadah umroh serta keluarga yang mengantar.  “Karena ini masih liburan, banyak orang yang sekalian jalan-jalan ke bandara, jadinya tambah ramai,” katanya.  (R22)


Dimuat di Harian SIB, Senin 4 Januari 2016, halaman 18.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL