Bahtera Peranginangin Dilantik jadi Ketua Persada Karo Merga Silima Pekanbaru

Bahtera Peranginangin Dilantik jadi Ketua Persada Karo Merga Silima Pekanbaru
·         Wali Kota Pekanbaru Ditabalkan Marga Sembiring




Karo (SIB)
                Pengurus Persada Karo Merga Silima Kota Pekanbaru periode 2015-2019 diketuai Bahtera Peranginangin dilantik Wali Kota Pekanbaru H Firdaus Sembiring, Sabtu (26/3) di Gelanggang Remaja Jalan Sudirman Pekanbaru.  Acara yang dihadiri sekitar 500 warga dari etnis Karo tersebut dirangkai dengan hiburan “gendang perkolong-kolong” yang berlangsung hingga Sabtu malam.
                Sebelum acara pelantikan, kepada Firdaus terlebih dahulu ditabalkan marga Sembiring dan Bre Ginting sesuai dengan pilihannya sendiri.  Beberapa tokoh adat Karo kemudian memakaikan seperangkat pakaian adat Karo kepada Firdaus sebagai pertanda wali kota telah sah sebagai bagian dari keluarga besar masyarakat Karo. 
                Turut hadir dalam acara itu, anggota DPD asal Provinsi Riau Rosti Uli Purba, Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Agus Pramono, Kepala BPBD dan Damkar Burhan Gurning,  Kapolresta Pekanbaru diwakili Kompol M Sembiring, Ketua Klasis Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Riau-Sumbar Pdt Jefry Keliat STh, tokoh-tokoh masyarakat Karo di Pekanbaru dan undangan lainnya.
                Wali kota dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya bisa hadir di tengah-tengah acara tersebut dan bertatap muka dengan masyarakat Karo.  Terlebih lagi dia juga telah ditabalkan marga Sembiring. 
                Ia berharap pengurus yang baru dilantik bisa menjalin hubungan silaturahmi dan kemitraan yang lebih baik lagi dengan pemerintahan di Pekanbaru.  “Masyarakat Karo Pekanbaru sudah merupakan bagian dari dari masyarakat Pekanbaru,” katanya.
Firdaus juga berharap masyarakat Karo bisa memberikan kontribusi yang lebih besar lagi dalam menyukseskan program-program pemerintah untuk kemajuan bersama. 
Pada acara silaturahmi dengan masyarakat Batak di rumah dinas wali kota, Sabtu malam, nama wali kota juga selalu disebut lengkap dengan marga Sembiring.  Adalah protokol acara silaturahmi tersebut yang mengawalinya, yang disambut tepuk tangan meriah sekitar seratus orang yang hadir.
Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Yantek Sembiring mengatakan, masyarakat etnis Karo yang tinggal di Pekanbaru tercatat sekitar 1.000 keluarga lebih dan yang hadir pada acara pelantikan itu hanya sebagian kecil.  Menurut panitia, masyarakat biasanya ramai datang pada acara hiburan “perkolong-kolong” (hiburan tradisional Karo) yang berlangsung hingga malam.
Adapun pengurus Persada Karo yang dilantik, Ketua Umum Bahtera Peranginangin, Ketua-ketua bidang Arifin Kaban, Maksi Ginting, Pt Wagito Tarigan, Lemba Sembiring, Dewasa Pinem.  Sekretaris Umum H Hermanus Pinem, Wakil Sekretaris Mimpin Tarigan, Bendahara Nilawati br Singarimbun, Wakil Bendahara Laporta br Tarigan yang dibantu bidang-bidang organisasi yakni bidang Litbang, umum, sosial, usaha, hukum dan humas, organisasi dan SDM, seni budaya, serta pemuda dan olahraga.
Usai dilantik, Ketua Persada Merga Silima selanjutnya melantik Pengurus Merga-merga (yakni Karo-karo, Ginting, Tarigan, Sembiring dan Peranginangin) serta Pengurus Muda-mudi Karo.  Pengurus Persadan Karo-karo Mergana ras Anak Beruna yang dilantik diketuai Masnun Surbakti dengan Sekretaris Hermanus Pinem dan Bendahara Elisabeth br Sembiring.  Pengurus Persadan Ginting Mergana ras Anak Beruna diketuai Joni Ginting, Sekretaris Pasti Surbakti, Bendahara Srihati br Peranginangin.  Pengurus Persadan Tarigan Mergana Ras Anak Beruna diketuai Indranof Tarigan, Sekretaris Mamat Ginting, Bendahara Serasi br Bangun.  Pengurus Persadan Sembiring Mergana Ras Anak Beruna diketuai Berani Sembiring, Sekretaris Eliakim Sitepu, Bendahara Junita br Sembiring.  Pengurus Persadan Peranginangin Mergana Ras Anak Beruna diketuai Nampaiken Peranginangin, Sekretaris Yantek Sembiring Meliala, Bendahara Modal br Sinukaban.  Ikut juga dilantik ketua-ketua dan sekretaris wilayah masing-masing merga. 
Selanjutnya Bahtera Peranginangin juga melantik pengurus Muda-mudi Karo Kota Pekanbaru periode 2016-2018 yang diketuai Ferry Febrianta Tarigan, Sekretaris Briptu Rendi Loviga Tarigan, Bendahara Ester Malem Sitepu yang dibantu bidang-bidang organisasi. (F05)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL