Dua Ribu Jemaat HKBP Distrik XXII Riau Ikuti Jalan Sehat, Senam dan Sarapan Pagi Bersama di Pekanbaru





Pekanbaru (SIB)
          Sekitar duaribu jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dari berbagai ressort di Distrik XXII Riau mengikuti kegiatan jalan sehat, senam dan sarapan pagi bersama, Jumat (6/5) di kompleks gereja HKBP Hang Tuah Jalan Hang Tuah Pekanbaru Provinsi Riau.  Kegiatan tersebut digelar untuk menyemarakkan Tahun Keluarga HKBP 2016.
          Jalan sehat bersama dimulai sekitar pukul 06.00 WIB.  Peserta yang terdiri atas keluarga-keluarga tersebut dilepas Praeses HKBP Distrik XXII Riau Pdt Banggas RH Simanungkalit STh didampingi Ketua Umum Panitia Perayaan Tahun Keluarga HKBP Distrik XXII Riau Muller Tampubolon SE MM di pintu utara gereja. Jemaat membawa serta seluruh anggota keluarga.  Adapun rute yang dilalui adalah dari Jalan Hang Tuah-Sudirman-Pattimura-Diponegoro dan kembali lagi ke Jalan Hang Tuah (Gereja HKBP) dengan total 4,5 kilometer.
          Pdt Banggas mengatakan bergembira karena peserta jalan sehat begitu banyak dan antusias mengikuti kegiatan, yang membuktikan program Tahun Keluarga HKBP memang mendapat respons sebagaimana diharapkan dari seluruh jemaat.   "Semoga semangat jalan sehat yang digelar ini membawa suasana persekutuan, kepedulian dan harmonisasi antaranggota keluarga, terutama HKBP sebagai keluarga besar dan di lingkungan keluarga jemaat masing-masing. Jalin terus persekutuan, cintai anggota keluarga dan saling mengasihi satu sama lain," pesan Praeses sebelum melepas peserta.
          Menurut Muller Tampubolon, panitia kaget karena jumlah peserta jalan sehat ini membludak pada hari-H. Padahal, panitia hanya menargetkan seribu peserta, namun yang hadir mencapai dua ribu orang.  "Kita bersyukur atas antusiasme peserta yang luar biasa. Ini diluar prediksi kami. Meski membludak, kami merasa ini sebagai bentuk kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang tinggi sesama warga HKBP di Distrik XXII Riau ini. Membludaknya peserta justru membuat panitia makin bersemangat dan siap melayani semuanya," kata Muller yang didampingi Sekum Panitia Josua Hutahuruk SH.
          Dalam kesempatan jalan sehat tersebut, panitia juga mengampanyekan gerakan cinta keluarga, anti narkoba dan pergaulan bebas.  Melalui beberapa spanduk yang dibawa mengeliling rute jalan sehat, peserta menggelorakan dan menebar pesan untuk bersama-sama melawan penyakit sosial masyarakat. Menurut Muller, narkoba, AIDS dan beberapa fenomena penyakit sosial lainnya merupakan tantangan serius bagi tiap keluarga, termasuk gereja.
          "Gereja dan khususnya keluarga menjadi garda terdepan untuk melawan dan menangkal hal tersebut. Gejolak dan penyimpangan tersebut merupakan ancaman serius yang bisa merusak keutuhan dan keharmonisan keluarga. Itu sebabnya, dalam momen tahun keluarga ini, masing-masing jemaat HKBP terpanggil untuk secara aktif peduli terhadap keluarga dan anggota keluarganya. Termasuk, semakin meningkatkan ibadah dan persekutuan dengan Tuhan di masing-masing keluarga," katanya.
          Setelah kembali di gereja HKBP Hang Tuah dan rehat beberapa saat, peserta pun membentuk barisan mengikuti senam sehat bersama dengan instruktur Risnawati Ginting.  Praeses dan sejumlah tokoh terlihat mengikuti setiap gerakan dengan semangat.  Suasana ceria begitu terasa di Jumat pagi itu.  Usai senam, acara dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama.  Acara juga dimeriahkan hiburan oleh artis-artis Batak lokal, termasuk binaan gereja-gereja dan Pdt Toho Sinaga STh, serta pengundian kupon doorprize dengan berbagai hadiah.
          Masih dalam rangkaian Tahun Keluarga HKBP Distrik XXII Riau ini, hari ini, Sabtu (6/6) digelar kegiatan donor darah massal dan seminar keluarga  bertema "Penguatan keluarga Kristen" di Gereja HKBP Hang Tuah. Turut hadir dan mengikuti kegiatan, para pendeta, sintua, pengurus gereja di Distrik XXII, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.  (F05)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL