65 Remaja dari 13 Runggun GBKP Ikuti Karya Kasih di Sei Medang Riau

 ·         Berkarya untuk Memperindah Gedung Gereja dan KA-KR Sei Medang






Pekanbaru (SIB)
            Sebanyak 65 remaja dari 13 runggun Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) di Klasis Riau-Sumbar mengikuti Karya Kasih Remaja GBKP 2016 di kompleks gereja GBKP Sei Medang Desa Bukit Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.  Kegiatan yang dibuka Ketua Klasis GBKP Riau-Sumbar Pdt Jefry Alexander Keliat SSi (Theol) pada Jumat (1/7) malam itu berlangsung hingga Senin (4/7).
            Karya kasih merupakan program rutin kategorial KA-KR GBKP yang dilaksanakan pada masa libur anak sekolah.  Intin kegiatan itu adalah remaja membuat karya bagi gereja dan masyarakat.  Karya Kasih Remaja GBKP 2016 mengambil tema “Remaja GBKP jadi aron Dibata” dan subtema “Karya kasih njadiken remaja mejingkat erdahin selaku aron Dibata”.
Ketua Kategorial Kebaktian Anak dan Kebaktian Remaja (KA-KR) GBKP Klasis Riau-Sumbar Pertua (Pt) Eliakim Sitepu bersama Ketua Panitia kegiatan Pdt Perbeliten Tarigan STh kepada pers, Sabtu (2/7) mengatakan, karya kasih tersebut dilaksanakan dalam bentuk aksi mengecat gedung gereja dan KA-KR GBKP Sei Medang, malam budaya dan “kerja tahun” sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai budaya Karo, serta ceramah dengan topik pergaulan remaja dalam konteks Kristen yang dibawakan Risma br Sitompul.
“Remaja Kristen sebagai generasi penerus gereja harus dipersiapkan sejak dini untuk berperan dalam kehidupan gereja dan masyarakat.  Para remaja diberdayakan mengambil bagian dalam pelayanan gereja sebagai wujud kualitas iman mereka.  Dengan demikian mereka semakin bijak dan semakin mampu untuk bersaksi menghadapi tantangan zaman, menghargai kemanusiaan, melakukan keadilan, kejujuran, kebenaran, dan kasih.  Dengan demikian terciptalah remaja Kristen yang memiliki kepribadian yang bijak dan peduli terhadap sesama, alam dan takut akan Tuhan.  Untuk mewujudkan itulah dilaksanakan Karya Kasih Remaja GBKP 2016 ini,” ujar Pt Eliakim.
Menurut Pdt Perbeliten, karya kasih tersebut bertujuan sebagai sarana untuk pembinaan iman dan spiritualitas kaum remaja GBKP, mempererat persekutuan antarremaja GBKP, memanfaatkan masa libur untuk pembinaan iman, fisik dan pengembangan keterampilan remaja GBKP, turut serta dalam renovasi dan pengecatan gedung gereja dan KA-KR, serta menggalakkan kebersihan untuk kesejahteraan masyarakat.
Dikatakan, 13 runggun GBKP yang mengirimkan 65 remaja didampingi 12 guru atau pembimbing tersebut adalah Runggun Lubuk Dalam, Sei Buaten, Bagan Batu, Sei Medang, Ujung Batu, Kampar, Libo Jaya, Kandis, Pekanbaru, Kerinci, Duri, Logas, dan Munas.
            Seluruh peserta dibagi dalam 14 kelompok kecil dan selama kegiatan karya kasih itu mereka tinggal di rumah-rumah penduduk (jemaat GBKP di Sei Medang).  Sebelum pembukaan pada Jumat malam, acara diawali kebaktian pembuka dipimpin Pdt Japri Tarigan Tua STh (pendeta runggun Sei Medang) yang dalam khotbahnya mengambil bahan dari I Korintus 3:7-9.
            Pada Sabtu kemarin, para remaja tersebut secara gotong royong mengecat gedung gereja dan gedung KA-KR GBKP Sei Medang.  Usai istirahat dan makan siang, acara dilanjutkan dengan “ertutur bas jabu ras erdakan” (berkenalan secara adat dan memasak).
            Turut hadir dalam acara pembukaan dan kegiatan pada Sabtu kemarin, para pendeta GBKP dari sejumlah runggun, sejumlah vikaris pendeta, tokoh masyarakat di Sei Medang dan undangan lainnya. (F05)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL