Perayaan Natal di Pekanbaru Berlangsung Aman dan Penuh Sukacita

Perayaan Natal di Pekanbaru Berlangsung Aman dan Penuh Sukacita
* Kabid Humas Polda Riau: Natal di Riau Tanpa Gangguan

Pekanbaru (SIB)
Perayaan Natal di kota Pekanbaru, Minggu (25/12) berlangsung aman dan lancar.  Meski gereja-gereja terlihat dijaga aparat keamanan untuk pengamanan Natal, umat kristiani di Pekanbaru merayakan Natal di berbagai gereja dalam suasana khidmat dan penuh sukacita.  Sebelumnya, ibadah malam Natal, Sabtu (24/12), juga berlangsung aman dan lancar.
Pantauan wartawan, Sabtu hingga Minggu kemarin, gereja-gereja di Pekanbaru tampak ramai oleh jemaat yang hendak beribadah dan merayakan Natal.  Di gereja HKBP Hang Tuah Jalan Hang Tuah Pekanbaru misalnya, jemaat begitu ramai sehingga harus didirikan tenda di bagian depan gereja karena tidak semua jemaat bisa muat di dalam gereja.
Menurut Guru Huria Bonar Sinaga didampingi St Ir M Pasaribu kepada wartawan SIB, Minggu siang di HBKP Hang Tuah, sekitar 5.000 jemaat HKBP hadir dalam kebaktian Natal, 25 Desember kemarin.  “Pada hari ini kebaktian dilaksanakan tiga kali. Masing-masing pukul 07.30 dengan pengkhotbah Praeses (Pdt Robert Silaban MTh, Praeses HKBP Distrik XXII Riau), pukul 11.00 dengan pengkhotbah Pdt Posma Naibaho (pendeta resort) dan 17.00 WIB dengan pengkhotbah Pdt Rita Simanjuntak,” jelasnya.
Sedangkan pada ibadah malam Natal, kebaktian dilaksanakan dua kali, yaitu pukul 17.00 dalam bahasa Indonesia dengan pengkhotbah Pdt Posma Naibaho dan pukul 19.30 WIB dengan pengkhotbah Pdt Rita Simanjuntak STh.
“Kita dari HKBP berterima kasih kepada Polri dan TNI serta seluruh aparat keamanan yang telah bekerja mengamankan Natal di sini,” ujarnya lagi.
Sementara itu, di gereja GBKP Bukit Raya Pekanbaru, ibadah Natal pada Minggu pagi kemarin turut dimeriahkan dengan parodi atau fragmen yang dibawakan PJJ Sektor Galatia, puji-pujian dari PJJ Sektor Sion, keluarga Bp Putri Bangun, Vokal Grup Remaja/Permata Maranata, dan duet Nd Vira br Ginting dengan Vira br Sinuraya.
Di gereja Santa Maria Jalan Ahmad Yani Pekanbaru, jemaat juga terlihat ramai pada Minggu siang kemarin.  Wajah-wajah penuh sukacita terlihat dari para jemaat.
Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo kepada wartawan SIB, Senin (26/12) mengatakan, Natal di Provinsi Riau berlangsung aman dan lancar.  “Tidak ada gangguan keamanan, sampai saat ini semua berlangsung aman.  Kita tentunya berharap aman dan lancar selalu,” ujarnya.
Ia mengatakan, sejauh ini tidak ada “sweeping” oleh ormas-ormas tertentu di Provinsi Riau.  “Tidak ada,” ujarnya.  Salah satu perhatian petugas dalam Operasi Lilin Siak 2016 kini adalah pada arus mudik dan arus balik karena banyak warga yang liburan atau pulang kampung menjelang akhir tahun ini.
Pada Sabtu malam kemarin, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman didampingi unsur Forkompinda Riau termasuk Kapolda Irjen Zulkarnain Adinegara dan Danrem Brigjen TNI Nurendi meninjau situasi malam Natal di sejumlah gereja di Pekanbaru, antara lain di HKBP Hang Tuah dan gereja GPIB Immanuel Jalan Sumatera Pekanbaru.  Gubernur menyatakan bergembira karena situasi di Riau aman dan damai.  (F05)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL