"Perkolong-kolong" Meriahkan Kerja Tahun Karya Kasih Remaja GBKP di Suban Jambi




Jambi (SIB)
     Penampilan artis "perkolong-kolong" dari Tanah Karo, Samuel Sembiring dan Sri Dewi br Tarigan menjadi pemuncak kemeriahan "Kerja Tahun" (pesta tahunan) Karya Kasih Remaja Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Klasis Riau-Sumbar dan Klasis Sumbagsel di Suban Simpang Rambutan Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi, Jumat (30/6) malam. Karya Kasih yang berlangsung Selasa (27/6) hingga Sabtu (1/7) itu diikuti 300 anak-anak dan remaja GBKP dari tujuh provinsi yaitu Riau, Sumbar, Jambi, Sumsel, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung.
     Sekitar 1.000 warga Desa Suban sekitarnya bersama tamu undangan serta orang tua peserta dari berbagai daerah larut dalam kemeriahan Kerja Tahun Karya Kasih tersebut. Kehadiran artis "perkolong-kolong" bersama kibordis Aseng itu sendiri diprakarsai dan digerakkan Pertua (Pt) Chandra A Perangin-angin dari panitia Klasis Riau-Sumbar. Seluruh tamu undangan makan malam "ielai" (dilayani) para peserta Karya Kasih. Sejumlah makanan khas Karo hasil buatan para peserta juga disajikan, termasuk "terites", "cimpa" dan "lemang".
     Menurut Cl Pdt Herry Tekang dari seksi acara, karya kasih bertujuan mengajar anak-anak dan remaja untuk sejak dini berperan untuk kemajuan gereja. Karena itulah, dalam kegiatan itu dilakukan pembangunan rumah pendeta di Runggun GBKP Suban, juga perbaikan saluran air dan penanaman pohon di lingkungan sekitar gereja.
     "Karya kasih tahun ini merupakan join dua klasis, ini istimewa karena biasanya dilaksanakan masing-masing klasis. Tema kegiatan adalah 'Belajar melakukan'.  Di sini anak-anak dan remaja GBKP diajak untuk belajar melakukan berbagai hal untuk gereja, berkarya untuk gereja, termasuk juga dengan menunjukkan talenta yang telah dikaruniakan Tuhan kepada mereka," jelasnya.
     Pada Kamis (29/6) malam dilaksanakan putaran final lomba talenta show, yakni lomba berpidato, lawak rohani, tari tradisional Karo Terang Bulan, dan vokal grup. 16 finalis dari empat kategori lomba tampil secara bergantian. Penentuan pemenang berdasarkan jumlah "like" terbanyak di akun fanpage facebook Karya Kasih.
     Adapun pemenang lomba talenta, masing-masing juara I, II dan III adalah, lomba menari: Runggun Jambi, Bukit Raya Pekanbaru, Palembang. Vokal grup: Runggun Padang, Suban, Palembang. Lomba pidato: Runggun Dumai, Bukit Raya, KM 46 Muaro Jambi. Lawak rohani: KM 46 Muaro Jambi, Suban, Bukit Raya. Seluruh pemenang dan partisipan memperoleh hadiah dan  piagam penghargaan.
     Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan ibadah penutupan dipimpin Pdt Soni Petrus Sembiring (Ketua Klasis Sumbagsel) pada Sabtu pagi di Jambur Desa Suban. Di penghujung acara, Ketua Panitia dari Klasis Riau Sumbar Endalias Ginting menyerahkan secara simbolis kenang-kenangan dan tanda terima kasih berupa foto bersama masing-masing kelompok peserta dengan orang tua asuhnya untuk diserahkan kepada orang tua asuh, yakni para warga jemaat GBKP Suban. Para peserta karya kasih memang tinggal di rumah-rumah jemaat selama kegiatan berlangsung.
     Adapun panitia karya kasih tersebut dari Klasis Riau Sumbar adalah sbb: Ketua Endalias Ginting, Wakil Ketua Rimaston Silalahi, Sekretaris Em Suryani Sitepu, Wakil Sekretaris Frischa Margaretha Ginting, Bendahara Meirina Sembiring. Seksi acara Pdt Yakub Setiaji, Pdt Imanuel Ginting, Ade Maria Enjelina Tarigan, Gelora Kaban, Ricky Purba, Shaebo Sinulingga, Cl Pdt Wilson, Cl Pdt Herry Tekang, Hibananta Bangun. Seksi kesehatan dr Neni Sembiring, Paska Fitiara Gurusinga, Fitri Sinulingga, dr Lupita Tarigan. Seksi dana Berani Sembiring, Bp Sorta Manurung, Janterem Pinem, Pdt Perbeliten Tarigan, Pdt Wina Sembiring, Pdt Norida Sinuhaji dll. Seksi tempat Pt Chandra Perangin-angin, Bp Peva Tarigan, Agustinus Tarigan, Edigia Gunanta Sembiring. Seksi keamanan & transportasi Iptu Agi Ketaren, Dk John Prima Ginting, Josua Tarigan. Seksi publikasi & dokumentasi Herry Surbakti. Sementara panitia dari Klasis Sumbagsel diketuai AKBP Marinus Sitepu, Sekretaris Riston Tarigan, Bendahara Dk Aman Tarigan dibantu seksi-seksi kepanitiaan. (G11)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perayaan Natal Lansia PGI Se-Provinsi Riau di HKBP Maranatha Pekanbaru Penuh Sukacita

BPP Mamre GBKP Puji Pengurus Klasis Riau-Sumbar yang Teratur Gelar RPL